Saturday

Naik Bus Executive Enak Juga

Berangkat ke Bandung dari Surabaya naik bis executive Bandung Express ternyata enak juga. Bahkan lebih enak daripada naik kereta api eksekutif argo wilis maupun turangga.

Sebelumnya saya paling ogah naik bis karena sopir yang ugal-ugalan dan nyetir seperti jalan raya punya sendiri, padahal banyak orang ikut menggunakan jalan raya baik itu pemakai sepeda motor, becak dan lain-lain. Biasanya sopir bus maunya menang sendiri karena bodi bus yang besar dengan alasan mengangkut banyak orang yang ingin segera sampai di tujuan.

Sebagai penumpang tentunya keselamatan dan kenyamanan bus eksekutif lebih utama, karena bila kelas executif tidak nyaman, maka pengguna bus executive class lama-lama akan berpaling ke kereta api. Sopir bus executive class yang tidak tergesa-gesa, tidak ngebut, menghargai sesama pengguna jalan dan yang paling penting cara menyupir dengan perpindahan gigi yang halus dan hentakan gas maupun rem yang halus akan menambah kenyamanan penumpang bus kelas eksekutif.

Karena bagaimanapun juga ini adalah kelas eksekutif, kenyamanan dan keselamatan penumpang selama di perjalanan adalah yang utama.

Biasanya dari Surabaya ke Bandung dan sebaliknya, paling suka naik kereta api eksekutif argo wilis karena berangkat pagi sehingga bisa melihat pemandangan alam selama perjalanan yang indah dan banyak bulenya. Tetapi seiring dengan naiknya harga tiket kereta api yang melambung tinggi (hampir sama dengan harga tiket pesawat) dengan kualitas pelayanan dari awak kereta api yang tidak memuaskan sama sekali, akhirnya harus mencari alternatif lain selain kereta api.

Setelah membanding-bandingkan sebentar akhirnya keputusan jatuh ke Bandung Express karena polnya terletak di dalam kota dan bisa dengan mudah dijangkau oleh angkutan umum. Sebelumnya Bus executive Kramat djati juga layak dijadikan sebagai altenatif menuju ke Bandung. Tetapi karena letak kantor cabangnya yang di jalan Demak Surabaya dan susah sekali dijangkau oleh bemo atau angkot akhirnya ya sudah Bandung Express saja.

Perjalanan dari Surabaya ke Bandung memakan waktu 19 jam, berangkat jam 3 sore dan sampai di Bandung pukul 10 pagi. Tidak terasa, cara sopir bawa bus enak, tidak tergesa-gesa dan sabar. Kursi Bus executive class enak juga dengan ruang kaki yang lega, kaki bisa selonjor sehingga mengurangi kepenatan selama perjalanan yang panjang. Ac dingin, ada bantal dan selimut untuk tidur nyenyak waktu malam.

Dan dapat jatah makan prasmanan sekenyangnya satu kali.Open-mouthed smile

Seharusnya jatah makan ditambah satu kali lagi karena waktu perjalanan yang lama. idealnya dapat makan prasmanan 2 kali.

Sayangnya lagi tidak ada snack, televisi video atau film, musik, yang menghibur penumpang. padahal dari hasil browsing-browsing semua itu seharusnya ada di fasilitas bus executive class.

Bila ada yang lebih baik dari Bandung Express tentunya kita sebagai penumpang tak segan-segan untuk berpindah ke lain hati. Padahal dari awak bus sudah ok, hanya beberapa fasilitas bus yang tidak ada. Bila semuanya komplit maka lengkap sudah kenyamanan dari Bus executive class sehingga pengguna kereta api sebelumnya akan berpindah ke angkutan Bus executive class. Bila itu terjadi maka perusahaan penyedia angkutan Bus Executive class akan mengalami lonjakan penumpang, karena anda bisa bayangkan setiap hari tiket kereta api executive yang 7 gerbong itu habis. dan ada 2 kereta api executive bandung-surabaya yaitu argo wilis dan turangga. jadi total sekitar 14 gerbong kereta.

No comments: