Tuesday

Zero sepeda motor elektrik street fighter

Zero adalah perusahaan pembuat sepeda motor elektrik dari Amerika Serikat yang memulai ide usahanya dari garasi rumah di santa cruz, California. Sejak tahun 2006 mulai memproduksi prototype untuk pertama kali dan sekarang telah tumbuh cepat menjadi sebuah perusahaan yang dikenal secara internasional.

Zero memproduksi 4 macam tipe sepeda motor yaitu, Zero S (StreetFighter), Zero SR (MaxPerformance), Zero DS (Dual Sport) dan Zero FX (Stealth Fighter). Dengan memanfaatkan teknologi bahan aluminium pada pesawat terbang untuk rangka dan bodinya dengan menggunakan baterai Z-Force® Li-Ion intelligent sebagai sumber tenaganya. Sepeda motor listrik ini mampu berjalan dengan kecepatan maksimum (top speed) 153 km/jam. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 4,8 detik.

Motor ini membutuhkan waktu 6-10 jam tergantung dari jenis motornya untuk full charge 100% dengan listrik yang ada di rumah input standard 110-220 V. Sekali charge penuh motor ini mampu melaju sejauh 127-211 kilometer, tergantung dari tipe motor dan faktor-faktor lain seperti berat pengemudi dan boncengan atau tidak. Juga tergantung dari kecepatan memacunya, semakin ditarik gasnya dalam-dalam akan semakin mempercepat baterai habis. Idealnya menggunakan motor listrik adalah dengan tarikan gas yang konstan dan stabil di kisaran kecepatan 40-60 km/jam akan semakin menambah jarak jangkauan. Biar lambat asal jauh.

Harga dari motor Zero ini mulai dari 150 juta keatas, dengan masa garansi sampai 5 tahun untuk baterai atau 100.000 mil. Tenaga yang dihasilkan dari baterai ini bisa mencapai 54hp (40kw) di 4300 rpm.

Motor ini menawarkan efisiensi dan kemudahan dalam mengendarai juga mengechargenya, karena bisa dicharge dimana saja dengan jarak tempuh yang lumayan jauh sampai menemukan rumah yang tersedia listrik. Motor ini juga sangat irit dengan perbandingan 0,5-1 liter bensin untuk 100 km.




[gallery ids="257,256"]

No comments: