Wednesday

Mining Bitcoins, Apa itu?

Sekarang ini banyak orang berlomba-lomba untuk nambang bitcoin atau istilahnya mining bitcoin. Tetapi banyak juga yang tidak mengerti bagaimana cara untuk mendapatkan bitcoin gratis, yang sebenarnya tidak gratis juga. Orang-orang yang mengerti mengenai sistem dan cara kerja bitcoin ini sudah menyiapkan segalanya untuk menggeluti usaha bitcoin, dan orang awam yang hanya ikut-ikutan pusing tujuh keliling karena kebingungan atau sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi hasilnya nol atau malah terbujuk oleh rayuan betapa mudahnya mendapatkan bitcoin ini.



[caption id="attachment_181" align="aligncenter" width="235"] teka-teki bitcoins?[/caption]
Mining bitcoin tidak gratis, harus punya modal awal yang cukup besar untuk membeli segala peralatannya dan aktif dalam sebuah komunitas. Untuk lebih meringankan beban biasanya orang-orang membentuk sebuah perkumpulan dan memulai usaha mining bitcoin dengan cara patungan modal.

Modal sudah ada apakah sudah pasti bisa untuk melakukan penambangan bitcoins?. Belum tentu, setiap transaksi bitcoin akan meningkatkan rasio kesulitannya. Bitcoin ini memiliki kinerja yang unik dan penuh dengan teki-teka silang yang cukup rumit yang harus dipecahkan oleh hardware. Disamping hardware dengan spesifikasi tinggi juga diperlukan software dalam memecahkan blok demi blok bitcoins.

Efisiensi adalah kunci untuk melakukan penambangan bitcoin. Dimana energi listrik dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan penambangan harus lebih kecil dari blok-blok yang dipecahkan. Setiap transaksi bitcoins akan masuk dalam blok-blok bersandi dengan faktor kesulitan yang makin tinggi. Dulu hanya pakai cpu untuk menambang bitcoin, kemudian karena tidak efisien lagi karena tagihan listrik yang lebih besar dari hasil yang didapat, kemudian penambang bitcoin menggunakan GPU(Graphic Processor Unit) yang bekerja lebih cepat dan mempunyai  frekuensi tinggi, sekarang sudah ada hardware-hardware khusus untuk menambang bitcoins ini dengan tingkat frekuensi yang lebih tinggi lagi. Bahkan ada pula yang menyewakan data center untuk melakukan penambangan.

Selama mining, hardware dan software akan bekerja terus menerus dalam memecahkan kode-kode. Semakin tinggi spesifikasi dan efisiensi hardware maka bitcoins akan semakin banyak didapat. Cara paling cepat untuk mendapatkan bitcoin tanpa mining adalah dengan berjualan dengan menerima pembayaran dari bitcoin. Sudah banyak hosting-hosting yang menerima sistem pembayaran dari bitcoins.

Bila anda awam teknologi, lebih baik tidak terjun dalam dunia bitcoins karena rawan penipuan.

No comments: