Monday

Mencegah nyamuk berkembang biak

Cara yang paling tepat untuk mencegah agar tidak semakin banyak nyamuk di rumah adalah dengan membersihkan tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, kolam yang tidak ada ikannya, pot bunga yang ada air tergenang dan wadah-wadah air lainnya secara teratur seminggu sekali. Perlu diperhatikan bahwa nyamuk tidak bisa berkembang biak dalam air yang mengalir, seperti sungai dan selokan yang airnya mengalir. Ikan akan memakan telur nyamuk dengan jentik-jentiknya. Nyamuk akan bertelur di air yang tenang.

Berikut adalah cara-cara untuk mencegah perkembang biakan nyamuk.

Kuras air bak mandi seminggu sekali, sikat dengan menggunakan cairan pembersih agar telur-telur nyamuk tidak menetas dan berkembang biak.

Tutup wadah-wadah tempat penampungan air bersih, dengan rapat. dalam arti tidak terdapat rongga atau celah antara tutup wadah dengan wadah penampungan air, Bila ada celah sedikit saja maka nyamuk akan masuk dan bertelur. Bersihkan wadah penampungan air bersih seminggu sekali.

Keringkan tanah-tanah disekitar yang tergenang air cukup lama, tanah yang tergenang air lebih dari 2 minggu bisa menjadi tempat yang ideal untuk nyamuk berkembang, ingat satu ekor nyamuk bisa menghasilkan 200-300 butir telur, bayangkan bila ada sepuluh ekor nyamuk yang bertelur paling tidak 2000 ekor nyamuk baru akan muncul dari 10 ekor nyamuk saja.

Bersihkan selokan yang macet secara teratur, selokan-selokan yang macet oleh tumpukan sampah dan tidak bisa mengalir bisa jadi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Hindari menutup sungai dan selokan untuk jalan sehingga fungsi pengontrolan dan pembersihan selokan dan sungai tidak lancar.

Ganti air di pot-pot bunga seminggu sekali

Bila mempunyai kolam maka sebaiknya juga memelihara ikan agar jentik-jentik nyamuk ikut dimakan ikan

Keringkan sampah-sampah plastik atau sampah-sampah yang bisa menampung air seperti bekas botol, ember, panci, dan lain-lain

No comments: