Thursday

Tips Menghemat Penggunaan BBM di Cuaca Panas

Cuaca yang panas dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil. Temperatur mesin akan dengan cepat naik dan berada pada suhu ideal.

Banyak yang beranggapan bahwa menyalakan AC pada saat cuaca dalam kondisi panas akan meningkatkan konsumsi BBM. Hal ini tidak sepenuhnya benar dan juga salah. Beberapa faktor dapat mempengaruhi penggunaan BBM.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda pakai untuk menghemat penggunaan BBM pada saat cuaca dalam kondisi panas:

  1. Buka kaca jendela mobil saat anda berkendara dalam kecepatan rendah. Jika anda dalam kecepatan tinggi misalnya di jalan tol bebas hambatan maka dianjurkan untuk menutup kaca jendala dan menggunakan AC, agar hambatan dari angin saat melaju kencang kecil sehingga mobil tidak memerlukan energi besar untuk berlari cepat.
  2. Jangan menyetel AC terlalu dingin, secukupnya saja.
  3. Parkir mobil anda di tempat yang rindang atau berada dalam bayangan gedung atau pohon. Jika perlu gunakan sunshade sehingga temperatur dalam mobil rendah
  4. Berkendaralah dengan kaca jendela terbuka untuk membuang panas dalam ruang mobil beberapa saat sebelum menutup jendela dan mulai menggunakan AC sehingga temperatur dalam mobil anda cepat dingin dan mengurangi kinerja AC.
  5. AC akan lebih cepat mendinginkan mobil dalam keadaan berjalan

No comments: