Wednesday

Mobil Pintar Bisa Menyelamatkan Ribuan Nyawa


Mobil pintar dengan sensor

Perkembangan teknologi pada mobil dipaksa untuk lebih mengutamakan sistem keamanan dan keselamatan pengendara dan orang lain disekelilingnya.

Disamping faktor kenyamanan pengendara dan penumpangnya mobil juga merupakan alat transportasi yang berbahaya, tidak jarang saya melihat mobil yang melindas telapak kaki pengendara sepeda motor di traffic light atau ditengah kemacetan, menabrak mobil lain pada saat akan parkir. Entah karena sopirnya yang tidak lihai dalam mengendarai mobil, baru belajar nyetir, atau karena hal lainnya.

Untuk itu dibutuhkan sensor-sensor yang dapat membaca keadaan sekeliling dan bisa berkomunikasi dengan mobil lainnya. Apapun itu mobil masa depan akan seperti kuda yang pandai dan bisa berkomunikasi dengan kuda-kuda lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bila mobil bisa berkomunikasi dengan mobil lainnya pada saat mendekati persimpangan jalan atau ketika hendak berbelok akan menyelamatkan sekitar 1.100 nyawa dan mencegah terjadinya luka tabrak sejumlah 728.000 kasus pertahun.

Teknologi ini akan memperingatkan si pengendara ketika ada mobil lain dari lawan arah dan tidak memungkinkan untuk menyalip mobil didepannya atau hal-hal lainnya.  Teknologi ini sudah diimplementasikan pada mobil-mobil mewah produksi terbaru dan rencananya akan diadaptasi oleh mobil-mobil kelas menengah.

No comments: