Saturday

Mall Hantu Terbesar di Dunia


gerbang new south china mall


Dibuka pada tahun 2005, New South China Mall adalah pusat perbelanjaan paling besar di dunia dari segi luas tempat yang bisa disewakan. Ambisi besar dari kebangkitan ekonomi Cina dengan membangun sebuah mall dengan luas 891.869 meter persegi atau setara dengan 178 kali luas lapangan bola itu kini sepi.


Mall hantu terbesar di dunia

Banyak media yang menyebutnya dengan mall hantu terbesar di dunia karena tingkat okupansi hanya 20% saja, tetapi belakangan ada yang menyebut tingkat okupansinya hanya 1%. Pemilik mall pada saat pembuatannya memprediksi sekitar 100.000 pengunjung akan datang setiap harinya dan memenuhi setiap lorong dan koridor dari total sekitar 10 juta penduduk kota Dongguan.

stand kosong tak berpenghuni di mall hantu



New South China Mall, mempunyai daya tampung sekitar 2350 stand. Banyak pihak yang berpendapat bahwa rendahnya tingkat okupansi New South China Mall karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk di sekitar area mall. Seseorang bisa naik angkutan umum berkali-kali untuk bisa mencapai New South China Mall, bahkan ada yang mengaku sampai 2 jam dari rumah.

toko-toko yang tutup seolah mall mati


[caption id="attachment_122" align="alignnone" width="683"] credit: messynessychic.com Ruangan yang sepi tak berpenghuni[/caption]

No comments: