Saturday

Bitcoin, Apa Sih Artinya

Sebelum anda bermain dengan mata uang virtual ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sih bitcoin itu.

Bitcoin adalah alat transaksi virtual mata uang baru yang tidak mempunyai pemilik, tidak bisa dikontrol oleh siapapun, tidak ada yang punya. Diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008, seorang atau kumpulan ahli software yang memperkenalkan pertama kali alat pembayaran virtual ini dengan sebutan bitcoins.

Kontribusi Satoshi Nakamoto dalam mengembangkan software bitcoin berserta komunitas bitcoin ini menurun sejak pertengahan tahun 2010 yang kemudian diserahkan sepenuhnya kepada Gavin Andresen yang seterusnya kendali situs bitcoin.org dan beberapa domain lain diserahkan ke beberapa anggota terkemuka komunitas bitcoin.

Kabarnya Satoshi Nakamoto mempunyai kepemilikan sekitar 1 juta bitcoins setara dengan 1,1 milyar USD. Identitas aslinya sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti siapa dia sebenarnya, dan banyak yang berspekulasi akan identitas aslinya. Bahkan Nama Satoshi Nakamoto-pun tidak diketahui apakah itu nama asli seseorang, nama samaran atau nama sebuah kelompok.

Sama seperti uang yang membutuhkan tempat penyimpanan, bitcoin juga membutuhkan tempat penyimpanan uang virtual yang disebut wallet. Karena walletnya dari software maka tidak diperlukan ruangan yang besar secara fisik untuk menyimpan bitcoin. Cukup dengan komputer yang terhubung ke internet dan mempunyai sistem keamanan yang memadai, karena bitcoin sangat mudah untuk ditransfer kemanapun dan ke siapapun anda mau. Dan yang lebih unik lagi dari bitcoin ini adalah anda bisa mempunyai banyak dompet atau wallet yang bisa anda pilih-pilih berdasarkan kegunaannya. Sangat disarankan anda mempunyai dua wallet yang satu untuk keperluan transaksi sehari-hari dan yang satu lagi anda simpan rapat-rapat dalam lingkungan yang aman. Jangan menyimpan uang banyak-banyak dalam wallet yang anda gunakan untuk transaksi harian sama seperti uang nyata bila anda bepergian, anda akan dianjurkan untuk membawa sedikit uang dan menyimpan sebagian besar uang anda di bank.

Karena berupa piranti lunak atau software maka wallet ini juga bisa dibackup, dan dienkripsi. Backup bitcoin yang disimpan secara online sangat rentan terhadap aksi pencurian, disarankan anda menyimpan backup bitcoin dalam tempat terpisah seperti flashdisk atau CD.

Beberapa saran untuk mengamankan wallet bitcoin adalah dengan menggunakan password yang kuat digabungkan dengan jaringan yang terenkripsi kemudian simpan wallet anda secara offline. Bila dibutuhkan untuk transaksi, baru gunakan wallet secara online.

Bentuk nyata dari bitcoin itu sendiri tidak ada, orang-orang hanya menggambarkannya secara virtual imaginasi fisik dari bitcoin, jadi tidak sama dengan koin 500 rupiah yang secara fisik ada, di bitcoin tidak ada.

bitcoin mata uang virtual dunia maya


[caption id="attachment_160" align="alignnone" width="300"] uang baru bitcoin[/caption]
Dan satu lagi yang unik dari bitcoin ini adalah bisa dilakukan penambangan. Bila mempunyai resources yang cukup baik dan spesifikasi yang tinggi, maka siapa saja bisa menjadi penambang bitcoin.

No comments: