Monday

India Memanfaatkan Listrik Tenaga Surya Untuk Masyarakat Miskin

Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar, tentunya kebutuhan akan listrik untuk seluruh penduduk India juga semakin besar. Karena itu tidak semua penduduk India dapat menikmati listrik, terutama di daerah pedesaan.

Untuk mengatasi kelangkaan energy didaerah pedesaan, pemerintah India mulai membangun pos-pos Listrik tenaga surya. Tak terhitung berapa banyak orang miskin yang gembira dan terbantu dengan adanya listrik tenaga surya ini.

Untuk menggunakan listrik tenaga surya ini, mereka harus membeli terlebih dahulu lampu charger di toko, kemudian mereka mengechargenya di pos-pos listrik tenaga surya yang jaraknya lumayan jauh bila ditempuh dengan berjalan kaki.



Listrik tenaga surya adalah energy yang bersih, dengan resiko yang minim bila dibandingkan dengan ketika mereka menggunakan lampu minyak tanah. Dapat mengurangi resiko terjadinya kebakaran, karena anak-anak mereka biasanya menaruh buku-buku disekitar lampu minyak tanah sehabis belajar.

Selain itu juga hemat, karena itu mereka berbondong-bondong mendatangi pos-pos listrik tenaga surya untuk mengecharge lampu mereka. Aktivitas bekerja dan belajar di malam hari pun meningkat. Dengan adanya program lampu tenaga surya ini, diharapkan perekonomian mereka juga ikut meningkat.

No comments: