Wednesday

Membaca Al Qur’an Semakin Indah Bila Tahu Artinya

Belajar dari alam
Tak terasa sudah setengah bulan kita menjalankan ibadah puasa. Ibadah di bulan yang penuh berkah ini memacu semangat kita untuk berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah, karena setiap amal baik kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat, yang tidak bisa kita dapatkan di bulan lain selain di bulan Ramadhan.

Salah satu tradisi umat Islam di Indonesia pada bulan Ramadhan ini adalah tadarrusan, yaitu membaca Al Qur’an secara estafet untuk mengejar target finish di akhir bulan ramadhan atau biasanya finish di malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dengan maksud apabila bisa qatam di malam lailatul qadar, maka pahala qatam Al Qur’an itu akan berlipat-lipat. Seperti yang kita ketahui malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Bagi umat muslim yang tidak ada waktu untuk melakukan tadarrusan, ada baiknya kalau anda membaca Al Qur’an di rumah. Karena bagaimanapun juga Al Qur’an adalah salah satu pegangan umat muslim yang paling utama disamping hadits. Jadi bisa anda lihat, bahwa Al Qur’an sangat penting untuk anda mengerti kandungannya atau artinya, karena itu adalah pegangan anda sebagai umat muslim.

Belilah Al Qur’an yang didalamnya terdapat terjemahannya, baik terjemahan dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang anda mengerti maksudnya. Karena Al Qur’an sangat penting untuk diketahui maknanya.

Di dalam Al Qur’an banyak terkandung sejarah, ilmu pengetahuan, hukum, ajaran-ajaran mengenai tingkah laku, cara berbicara, cara bergaul dengan sesama manusia, cara bergaul dengan umat agama lain, cerita-cerita tentang umat jaman dahulu, cerita-cerita nabi dan banyak hal lain yang sangat penting untuk anda ketahui.

Satu hal lagi yang perlu anda ketahui disini adalah bahasa.

Bahasa Al Qur’an ada yang tersirat dan ada yang tersurat, apabila anda bingung dengan maksudnya maka sebaiknya anda mendatangi ulama disekitar anda, yang mengerti tentang kandungan yang ada didalamnya, yang lebih luas ilmunya, yang lebih mengetahui sejarahnya, dan lebih alim orangnya.

Semakin anda mengetahui kandungan Al Qur’an maka tingkat keimanan dan ketaqwaan kita Insya Allah akan semakin tebal. Ilmu kita akan bertambah, tingkah laku kita akan semakin baik, hati lebih tentram, pikiran lebih jernih, pergaulan dengan sesama manusia baik yang seagama maupun dengan umat agama lain akan lebih baik.

Karena Islam adalah rahmad untuk semesta alam.

No comments: