Saturday

Tikus Terbuat dari Sel Kulit


Sebuah terobosan baru dalam dunia ilmu pengetahuan dibuat oleh ilmuwan dari cina, yang telah membuat seekor bayi tikus dari sel kulit yang telah diprogram ulang.

3 tahun yang lalu ilmuwan jepang telah menemukan dasar dari teknologi pemrograman ulang sel kulit, untuk bisa dikembangkan menjadi embryonic stem cells yang mempunyai potensi besar untuk berkembang menjadi berbagai macam jaringan / organ tubuh manusia mulai dari sel jantung hingga sel kuku jari manusia. Tetapi para peneliti pada waktu itu belum tahu bahwa pemrograman ulang sel dewasa atau yang dikenal dengan induced pluripotent stem cells (IPS cells), bisa di jadikan dan dibedakan menjadi menurut type jaringan yang dibutuhkan.


Para peneliti di cina ini telah membuat 27 ekor bayi tikus dari sel kulit tikus dewasa. Meskipun terdapat beberapa tanda tidak normal dan kematian pada tikus yang dihasilkannya, tetapi tim peneliti yakin bahwa mereka telah memproduksi cukup banyak tikus normal untuk bisa menghasilkan ratusan generasi normal selanjutnya.

Hasil dari penelitian ini juga akan menimbulkan berbagai permasalahan dalam hal etika medis dan dunia kesehatan karena memproduksi hasil kloning akan lebih mudah. Tetapi tujuan dari para peneliti ini sesungguhnya amat mulia yaitu mereka berharap agar di masa datang manusia bisa menumbuhkan sendiri organ tubuhnya yang rusak yang diambilkan dari jaringan selnya sendiri.
Reblog this post [with Zemanta]

No comments: