Saturday

Semangat Ramadhan


Waktu berjalan dengan sangat cepat, rasanya baru kemarin saja kita lebaran dan sekarang sudah bertemu dengan bulan ramadhan lagi. Sungguh sebuah kenikmatan yang tak ternilai bila bisa menjumpai bulan ramadhan lagi.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi saya, biasanya banyak kejadian yang unik dan takterlupakan sehingga banyak menimbulkan kenangan istimewa. Itulah sebabnya setiap berjumpa dengan bulan Ramadhan, Tuhan seperti mengingatkan saya akan perjalanan waktu yang begitu cepat yang membuat saya termenung, apa yang telah saya lakukan setahun yang lalu?.

Keistimewaan ini telah menimbulkan suatu suasana tersendiri dalam hati yang begitu indah sehingga setiap menjumpai bulan Ramadhan ada harapan dan kegembiraan yang membuat saya bersemangat kembali dalam menjalani kehidupan ini.

Semangat Ramadhan telah menjalar ke hati setiap pribadi muslim yang akan menguatkan keimanan dan ketaqwaan kita dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan. Semangat yang tidak pernah ada di bulan selain bulan Ramadhan.

Semangat Ramadhan telah memanggil pribadi muslim untuk lebih giat lagi beribadah, sehingga membuat masjid-masjid tak mampu lagi menampung jamaahnya, tumpah ruah sampai meluber ke jalan-jalan dan pekarangan rumah tetangga. Malam yang biasanya hening menjadi meriah dengan banyaknya orang yang hilir mudik pergi ke masjid untuk sholat tarawih dan tadarrusan.

Jam 3 pagi yang biasanya masih sunyi senyap dan masih tertidur lelap, sekarang berganti dengan suara berisik jam weker dan alarm untuk memberi tanda sudah waktunya makan sahur.

Sungguh sebuah misteri yang tak terungkapkan dan akan melekat dalam jiwa, bagaimana semangat Ramadhan ini bisa tersimpan dan kemudian akan kembali saat bertemu lagi dengan bulan yang penuh hikmah dan kenangan ini, yang membuat kita rindu akan kembalinya bulan Ramadhan.

Selamat berpuasa
Reblog this post [with Zemanta]

No comments: