Wednesday

Sedan Hemat BBM

Ditengah harga bahan bakar minyak / BBM yang terus naik, ada kabar dari negeri paman Sam, tentang kendaraan sedan yang bisa menghemat penggunaan BBM.

General Motors mengklaim bahwa produknya berupa sedan Chevrolet Volt Electric bisa berjalan sejauh 230 mil hanya dengan 1 gallon BBM, walaupun belum ditest secara resmi oleh EPA (Environmental Protection Agency).

Tetapi pihak General Motors yakin bahwa mobilnya sanggup menempuh jarak 230 mil untuk 1 gallon ( sekitar 1 lt per 97,35 km). Sedangkan mobil hybrid lainnya seperti toyota Prius yang sudah lebih dulu berada dipasaran, mampu menempuh jarak 51 mil per gallon (sekitar 21,6 km per lt). 

Tenaga Sedan Chevrolet Volt Electric berasal dari sebuah electric motor dan sebuah battery pack, untuk jarak 40 mil, setelah itu sebuah mesin pembakar internal kecil bekerja untuk menghasilkan listrik dengan jarak tempuh 300 mil.

Sedangkan Toyota Prius, tenaganya berasal dari sebuah mesin pembakar internal kecil yang dikombinasikan dengan battery berkekuatan tinggi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Namun tidak seperti pemilik Prius, pembeli Chevrolet Volt harus rajin mengecharge mobilnya setiap hari agar bisa digunakan.

No comments: