Monday

Robot Koki dari Jepang


Jangan kaget bila anda bepergian ke Jepang, bertemu dengan koki yang terbuat dari besi, itulah robot koki dari Jepang. Sebuah restoran bakmi di Jepang memperkerjakan 2 robot koki untuk mencampur resep mi yang telah dipesan.

Dengan adanya chefs robot ini restoran bakmi tersebut menjadi populer dan dikunjungi oleh banyak orang untuk mencoba masakannya. "Saya tidak merasakan perbedaan rasa yang berarti antara rasa masakan koki manusia dan koki robot" kata pengunjung restoran tersebut.

Menurut pemiliknya, ada keuntungan tersendiri dari robot koki yang dimilikinya. Yaitu robot koki dapat mencampur bumbu dengan perbandingan yang tepat dan memiliki kecepatan lebih cepat 1 menit. Pelanggan dapat memesan melalui komputer dan mengubah bumbu yang diinginkan, seperti berapa banyak kecap dan garam yang diperlukan, atau mengubah takaran sup. Pemilik toko Yoshihara Uchida mengatakan terdapat 40 juta rasa sup yang berbeda.

Bakminya sendiri dimasak oleh manusia, robot hanya digunakan untuk mencampur bumbu-bumbunya untuk mendapatkan rasa sup yang tepat.

Penelitian robot koki ini memakan waktu lima tahun, dengan memakan banyak biaya dan korban komputer yang rusak karena terkena ceceran sup.

Di masa mendatang Uchida akan memproduksi robot ini secara massal, dan akan diberi merk atau hak paten, sehingga andapun suatu saat bisa memiliki robot chefs ini.

Yang unik dari robot chefs ini adalah pada waktu senggang robot melakukan atraksi untuk menghibur pengunjung restoran agar tidak bosan.

Lucu juga ya.


Reblog this post [with Zemanta]

No comments: