Saturday

Robot Amerika Gamelan Indonesia


Kolaborasi antara robot buatan Amerika dan musik gamelan asli Indonesia itu diperlihatkan oleh seniman asal Brooklyn Amerika.

Ide membuat robot untuk menabuh gamelan ini adalah hasil kerjasama antara seorang komposer dengan Brooklyn-based League of Electronic Musical Urban Robots (LEMUR).

Jangan bayangkan robot yang menyerupai manusia yang akan menabuh gamelan-gamelan itu. Karena hanya lengan robot saja yang akan menabuh gamelan untuk memainkan musiknya. Jadi tiap alat musik akan dipasang serangkaian lengan robot penggerak untuk menabuh gamelan.

Robot-robot ini akan dikontrol oleh sebuah chip prosesor yang dikendalikan oleh sebuah komputer. Dan tentu saja harus ada seorang komposer dan ahli komputer untuk memasukkan data-data yang diinginkan agar tercipta musik yang diinginkan. Data-data yang dimasukkan akan diubah menjadi MIDI (Musical Instrument Digital Interface).

Ini adalah kolaborasi pertama kali didunia, gamelan yang ditabuh sepenuhnya oleh robot. Hasil kreativitas ini sudah mempunyai penggemar tersendiri di Amerika. Hal ini akan memacu semangat penggemar musik gamelan bahwa apa yang mereka lakukan bukan ketinggalan jaman, melainkan karena kurangnya perhatian pemerintah akan kesenian tradisional dalam negeri.

Hasil kolaborasi ini dinamakan dengan GamelaTron, bagaimana dengan musik gamelan yang dimainkan oleh manusia, apa namanya??? GamelaHuman???, GamelaPeople???, GamelaMan???.

Ini adalah bukti bahwa kesenian tradisional Indonesia sangat berharga, bagaimana pendapat anda?.

No comments: