Thursday

Kernet Virtual Sopir Truk


Pernahkah anda membayangkan betapa repotnya mengemudikan sebuah truk besar?. Dengan body truk yang besar dan panjang akan merepotkan siapa saja yang mengemudikannya, apabila tidak didampingi seorang kernet truk disampingnya untuk memberitahukan keadaan jalan yang tidak terlihat oleh sopir truk. Karena banyak sekali bagian dari truk yang tidak terlihat oleh sopir truk tanpa bantuan seorang assistent sopir truk.

Dalam meningkatkan faktor keselamatan di jalan raya, khususnya buat pengemudi truk. Perusahaan Atomotif Volvo sedang mengembangkan teknologi generasi terbaru untuk sistem keamanan truk, yang bisa membuat seorang sopir truk merasa mempunyai seorang kernet pribadi.

Volvo Technology yang bekerja sebagai bagian dari Highly Automated Vehicles for Intelligent Transport (HAVEit) Uni Eropa akan mengembangkan sistem keamanan cerdas yang akan mengambil alih tugas-tugas tertentu dari sopir, untuk mengurangi resiko kecelakaan. Memberikan tanda-tanda tertentu kepada sopir apabila ada kendaraan kecil yang melintas dari samping dan tidak terlihat oleh kaca spion dengan bantuan sensor yang terhubung kesamping dan kedepan. Memberitahukan tentang kondisi lalu lintas, jarak aman, tanda jalan, kondisi cuaca dan bahkan kondisi sopir truk itu sendiri.

Koordinator Proyek Reiner Hoegner berkata: "Kita semua mempunyai temperaments berbeda, sehingga sistem harus mengetahui ketika sopir merasa jengkel atau tenang."

Technology ini tidak akan mengambil alih tugas sopir sepenuhnya, tetapi jika dalam keadaan macet dan mulai berjalan maka secara otomatis sistem keamanan akan mengambil jarak aman yang diperlukan dan jika ada kendaraan yang tiba-tiba memotong jalur dan berada tepat didepan jalur truk dan tidak berada di jarak aman maka technology baru ini akan benar-benar menghentikan laju truk tanpa injakan rem dari sopir.


Reblog this post [with Zemanta]

No comments: