Thursday

Perbedaan Antara Website dan Blog

Kali ini saya coba untuk menulis perbedaan antara website dan blog. Sepertinya hal ini sangat sepele, tetapi tidak ada salahnya kalau kita pelajari lebih lanjut, untuk menambah referensi dan pengetahuan kita tentang dunia maya atau dunia internet. Karena saya juga masih belajar jadi saya juga belum paham dengan benar apa sih bedanya website dengan blog?. Tetapi tidak ada salahnya saya berbagi ilmu disini sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan siapa tahu ada ilmu saya yang anda pakai dan berguna buat anda, sehingga saya bisa mendapat pahala yang bisa mengantarkan saya masuk surga.

Kalau anda sering berseluncur di dunia maya pasti sudah sering melihat dan mendengar istilah website dan blog, tetapi tahukah anda perbedaannya???.

Sebenarnya blog dan website itu ada persamaan dan perbedaannya. Persamaannya yaitu:
  1. Sama-sama memiliki alamat url untuk dapat mengaksesnya
  2. Sama-sama mempunyai pemilik baik itu perseorangan maupun kelompok ataupun perusahaan
  3. Sama-sama alat atau sarana yang digunakan pemilik untuk menyampaikan atau mempromosikan sesuatu kepada pembacanya

Nah sekarang sudah tahu kan.... apa itu website dan blog???, tapi jangan lupa loh. Itu semua menurut versi saya.

Dan ada yang lebih penting lagi, yaitu perbedaannya. Kenapa lebih penting???

Yap, lebih penting karena sekarang ini banyak pemilik website yang merubah tampilan websitenya agar lebih interaktif seperti blog. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah perbedaan antara website dan blog :

Website jaman dulu mempunyai tampilan cenderung statis sedangkan blog memiliki tampilan yang dinamis, walaupun template blog kelihatannya jelek dan kuno, tapi jangan kuatir karena blog mempunyai banyak kelebihan dari pada website. Dan template blog yang kuno itu bisa diganti dengan template baru yang bisa sekeren website, itu adalah salah satu kelebihan blog dari website, dan mudah sekali blog itu berganti baju atau template, hal ini tidak bisa dilakukan oleh website . Untuk cari Template baru, anda bisa hunting di google. Banyak banget kok gratis lagi.

Satu lagi hal yang paling menonjol dari blog adalah interaktif, ada hubungan antara pemilik dengan pembacanya. Hal ini bisa dilihat di kotak komentar, itu adalah sarana yang digunakan untuk mempererat hubungan antara pemilik dengan pembacanya atau penggunanya. Jadi ada komunikasi dua arah yang menjadikan blog semakin dinamis dibandingkan dengan website yang hanya mengandalkan komunikasi satu arah. Itulah sebabnya mengapa tampilan website harus dibuat semenarik mungkin agar orang jatuh cinta kepada website tersebut, he2x...dan akhirnya membeli produk-produknya.

Dan yang terakhir, Website itu dimiliki oleh pemiliknya untuk dipergunakan oleh pemiliknya itu sendiri, sedangkan blog itu dimiliki oleh pemiliknya untuk dipergunakan oleh orang lain. Jadi kita ini nunut make aja, enak kan gratis.

Oke, saya kira itu saja persamaan dan perbedaan antara website dan blog. Mungkin diantara teman-teman ada yang mau menambahkan silahkan saja. Sharing ilmu biar masuk surga...
Reblog this post [with Zemanta]

No comments: